Terima Kelulusan, Siswa SMAN 1 Kawali Sujud Syukur Bersama


Sebanyak 318 siswa SMAN 1 Kawali, Jum’at (24/5-2013) memerima surat pemberitahuan kelulusan di Mesjid At-Taqwa Kawali, setelah mereka bersama Kepala Sekolah, para guru dan orang tua murid melaksanakan sholat Ashar berjamaah dan sujud syukur bersama.

Dipilihnya mesjid At-Taqwa yang berjarak ± 300 meter dari sekolah sebagai tempat pembagian surat kelulusan, menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Kawali Sudarman, S.Pd., M.Pd., karena mesjid adalah tempat yang suci.

“Kecerdasan pendidikan bukan hanya intelektual, yang paling dominan adalah kecerdasan sepiritual, sosial, dan emosional, makanya dipilih mesjid sebagai tempat kelulusan karena mesjid adalah tempat yang suci,“ ujar Sudarman, kepada Bedanews.com disela-sela pemberian surat kelulusan oleh wali kelas kepada oleh orang tua masing-masing.

Lebih lanjut Sudarman mengungkapkan, ujian yang telah dilalui siswanya dari jurusan IPA dan IPS, sangat berat sekali. Untuk itu persiapan ujian diawali doa bersama orang tua murid, dan hasilnya sangat menggembirakan, karena seluruh siswa yang mengikuti UN, semua lulus, makanya pada hari ini (Jum’at, 24/5/2013) kita menggelar sujud syukur bersama.

Menurut Sudirman, semua murid pada acara tersebut mengenakan pakaian Islami serta didampingi oleh orang tuanya agar tidak terjadi penyimpangan. “Para siswa mengenakan pakaian Islami sebagai indikator perilaku Islam memakai jilbab, baju koko (baju taqwa), pulang didampingi orang tua sampai kerumah untuk meminimalisir penyimpangan-penyimpangan,” ujar kepsek.

Pembagian surat kelulusan dengan nuansa religi Islami diharapkan membawa pesan moral bagi siswa yang lulus. “Pembagian surat kelulusan dilaksanakan seperti ini tentunya dengan sebuah pesan moral supaya ada peningkatan kualitas sepiritual anak didik dalam menghadapi kondisi Indonesia sekarang ini,” kata Sudarman berharap.

Sementara itu, Eri dari Desa Kadewata Kecamatan Lumbung, Ciamis, orang tua dari Citra siswa kelas IPA 1 mengaku sengaja datang ke Mesjid At-Taqwa karena bersyukur anaknya lulus SMA, dan untuk mengikuti sujud syukur bersama dengan anaknya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Komite sekolah SMAN 1 Kawali, Endang Sutisna kepada BEDAnews.com menyatakan pembagian surat kelulusan di mesjid karena dua alasan, yakni SMAN 1 Kawali berorientasi agama dan untuk memahami bahwa kelulusan atau keberhasilan bukan semata hasil jerih payah manusia, tapi berkat pertolongan dan lindungan Allah YME. (Abraham)

Sumber : http://www.bedanews.com/terima-kelulusan-siswa-sman-1-kawali-sujud-syukur-bersama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s