Bupati Purwakarta Kagumi SMA 1 Kawali


KAWALI, ( KP).- Bupati Purwakarta H. Dedi Mulyadi, SH melakukan kunjungan budaya sunda ke SMA Negeri 1 Kawali Kabupaten Ciamis. Rombongan bupati yang disertai para pejabat Pemkab Purwakarta beserta beberapa rombongan seni budaya sunda, diterima oleh Sekda Kabupaten Ciamis, H. Herdiat.M.M di halaman sekolah SMAN 1 Kawali Minggu (17/3).

Menurut Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi.SH mengakui sebelumnya telah melakukan kunjungan ke beberapa sekolah di Kabupaten yang ada di Jawa Barat. Dari semua kabupaten ternyata SMA Negeri 1 Kawali yang menjadi pilihan. “Kami sangat bangga dengan seni budaya sunda yang dimiliki SMAN 1 Kawali” ujarnya.

Dengan program kunjungan safari budaya sunda ini, ia berharap dapat menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap seni budaya sunda yang saat ini sudah mulai luntur. Selain itu, ia juga berharap seni budaya sunda bisa menjadi kebanggaan orang sunda dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni sunda.

Sementara Kepala Sekolah SMA N 1 Kawali, Sudarman berharap kedatangan Bupati Purwakarta diharapkan dapat menumbuhkan semangat siswa untuk lebih mencintai dan mengembangkan seni budaya sunda. Apalagi masuknya budaya barat, sehingga budaya sunda nyris dilupakan. “Kami sangat mengapresiasi sekali karena banyak ilmu-ilmu dari beliau yang kami serap untuk dikembangkan di lingkungan sekolah,“ jelasnya.

Dalam kunjung itu, rombongan seni budaya dari Kabupaten Purwakarata yang tergabung dalam tim Dangiang Pakuan Galeuh menampilkan seni tari jaipong maung lugay.  Sementara dari SMA N 1 Kawali menampilkan pagelaran seni wayang golek dan helaran seni lainnya.

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/8598

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s