Dasar dari Komputer, Sistem Bilangan dan Gerbang logika


Mata Kuliah : Arsitektur dan Organisasi Komputer

Dosen : Tata Sumitra M.Kom

Data

Komputer yang dipakai saat ini adalah sebuah pemroses data. Untuk memproses data, kemudian hasil prosesnya diselesaikan secara elektronis di dalam CPU (Central Processing Unit) dan komponen lainnya yang menyusun sebuah komputer personal.

Analog

Data merupakan suatu sinyal yang dikirimkan dari suatu pemancar (transmitter) ke penerima (receiver) untuk berkomunikasi. Bentuk data berupa suara, huruf, angka dan karakter lain (tulisan tangan atau dicetak), foto, gambar, film dan lain sebagainya. —Suatu sistem yang dapat memproses nilai yang kontinyu berbanding terhadap waktu dinamakan sistem analog. Sistem analog, nilainya biasa diwakili oleh tegangan, arus dan kecepatan.

Digital

—Sistem yang memproses nilai diskrit (langkah demi langkah) dinamakan digital. —Pada sistem digital untuk menunjukkan suatu nilai digunakan simbol yang dinamakan digit. —Sinyal  dapat “didigitalkan” dengan menggunakan ADC (Analog to Digital Converter). —ADC mengubah sinyal kontinyu menjadi sinyal diskrit dengan menyamplingnya tiap detik (tiap satuan waktu).
Komputer
Komputer adalah sebuah perangkat elektronik. Data yang dapat diolah adalah data yang direpresentasikan oleh sinyal listrik. —Sinyal yang digunakan bisa dianalogikan dengan saklar listrik, yaitu tombol off (mati) atau on (hidup).
—Jika saklar pada kondisi off maka komputer membaca sebagai data 0. Jika saklar dalam kondisi hidup maka komputer membaca sebagai angka 1. —Sebuah komputer personal terdiri dari saklar yang banyak jumlahnya (menggunakan komponen elektronik berupa transistor). —Jumlah dari transistor yang digunakan bisa sampai jutaan sehingga dapat memproses data dari jutaan angka 0 dan 1.
Bits
—Setiap angka 0 dan 1 biasa disebut Bit. Bit adalah singkatan dari Binary Digit. —Kata Binary diambil dari nama Binary Number System (Sistem Bilangan Biner).
—Sistem Bilangan Biner

—Sistem bilangan biner disusun dari angka-angka, sama seperti sistem bilangan desimal (sistem bilangan 10) yang sering digunakan saat ini. Desimal menggunakan angka 0 sampai 9  sedangkan sistem bilangan biner hanya menggunakan angka 0 dan 1.

One thought on “Dasar dari Komputer, Sistem Bilangan dan Gerbang logika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s