Pengenalan Arsitektur dan Organisasi Komputer – Part 2


Mata Kuliah : Arsitektur dan Organisasi Komputer

Dosen : Tata Sumitra M.Kom

Tujuan Belajar Arsitektur Komputer

  • Mengetahui tentang matakuliah CPU Arsitektur
  • Mengetahui hubungan antara CPU Arsitektur dengan matakuliah lain
  • Dapat mengikuti dan memahami perkembangan CPU
  • Mengetahui materi yang akan dipelajari pada matakuliah CPU Arsitektur

CPU Arsitektur

Ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi dari CPU

  • Mempelajari tentang bagaimana CPU melakukan pekerjaannya
  • Mempelajari tentang bagaimana CPU berhubugan dengan peralatan yang lain dalam menjalankan tugasnya.
  • Mempelajari tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam CPU
  • Mempelajari bagaimana cara mengatur kerja masing-masing komponen sehingga dapat berfungsi dengan baik

Perbedaaan Arsitektur dan Organisasi
Arsitektur komputer berkaitan dengan atribut-atribut yang nampak bagi programmer

  • Set Instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk penyajian  data, mekanisme I/O, teknik pengalamantan (addressing techniques).
  • Contoh: apakah tersedia instruksi untuk perkalian?

Arsitektur sama
Arsitektur bertahan lama

Organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.

  • Control signals, interfaces, memory technology.
  • Contoh: Apakah instruksi perkalian diimplementasikan secara hardware, ataukah dikerjakan dengan penambahan secara berulang?

Organisasi dapat berbeda
Organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi

  • Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
  • Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama

Organisasi antar versi memiliki perbedaan

Perubahan Definisi Arsitektur Komputer

  • 1950 -1960 : Arsitektur komputer adalah suatu komputer aritmatik
  • 1970 – pertengahan 1980 : Arsitektur komputer adalah suatu desain   instruksi untuk suatu kompiler
  • 1990 : Arsitektur komputer adalah suatu bentuk desain CPU, sistem memori, sistem I/O, multiprosesor dan network komputer
  • 2010 : Arsitektur komputer : suatu sistem yang dapat beradaptasi sendiri, struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri, sistem DNA

Arsitektur Komputer adalah desain komputer yang meliputi set instruksi, komponen hardware dan organisasi atau susunan sistemnya.

Ada 2 bagian pokok arsitektur komputer :

  1. Instructure Set Architecture Spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa  mesin berinteraksi dengan komputer.
  2. Hardware System Architacture    Meliputi subsistem hardware dasar yaitu  CPU, Memori dan I/O system

Cara untuk melakukan perubahan pada arsitektur :

  1. Membangun array prosesor
  2. Menerapkan proses pipelining
  3. Membangun komputer multiprosesor
  4. Membangun komputer dengan arsitektur lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s