Workshop Kamera Lubang Jarum : Menikmati Setiap Proses


Minggu, 9 Juni 2013 saya bisa mengikuti Workshop Kamera Lubang Jarum (KLJ) yang dilaksanakan oleh Komunitas Luang Jarum di sekitaran Hotel Mandarin Oriental Jakarta dekat Bundaran HI. Acara dimulai sejak pukul 07.00. Berhubung car free day sehingga saya naik busway untuk menuju kesana. Beberapa orang tampak berkumpul di samping pohon. Mereka sedang mengamplas alumunium dari kaleng soft drink. Saya pun segera bergabung untuk mengikuti hal yang sama.

Workshop Kamera Lubang Jarum Bundaran HI

Workshop Kamera Lubang Jarum Bundaran HI

Bagian depan dan belakang alumunium diamplas sampai tipis. Mengamplas bukan lah hal yang tidak sulit melainkan perlu kesabaran untuk bisa menipiskan sampai tidak bolong. Alumunium yang dinilai cukup tipis dilubangi jarum. Tempelkan alumunium di atas lubang pada pinggiran kaleng rokok, lem dengan doubletape. Pastikan lubang jarum terletak ditengah-tengah dan tidak tertutup lem. Tempelkan lagi doubletape untuk jepretan/shutter. Kamera yang telah selesai dibuat kemudian diisi kertas foto. KLJ siap digunakan.

Kamera Lubang Jarum

Kamera Lubang Jarum

Memegang KLJ rasanya berat sekali bagaikan memegang pusaka. Yang pasti menjaga kertas yang ada dalam kaleng agar tidak terkontaminasi dengan cahaya. Objek yang saya ambil yaitu sepeda di pinggiran bundaran HI. Pada saat pengambilan objek, kamera tidak boleh bergerak sehingga harus pakai pengganjal. Shutter dibuka perlahan, tutup lubang dengan telunjuk, lepaskan telunjuk dan diamkan lubang terbuka kurang lebih 15 detik untuk penggambilan gambar. Tutup dengan telunjuk dan shutter dipasang lagi.

Setelah pengambilan gambar dilanjutkan pencucian kertas. Hal ini dilakukan di ruangan tertutup dan gelap. Terdapat 3 wadah dengan masing-masing berisi cairan development, stop bat dan fixer. Kertas dikeluarkan dari kaleng untuk dimasukan ke cairan development, cairan untuk menimbulkan gambar. Berhasil atau tidaknya pengambilan gambar bisa ditentukan dalam tahap ini. Setelah itu dicelupkan ke cairan stop bat, cairan yang memberhentikan reaksi warna. Dan terakhir cairan fixer untuk menetapkan gambar.

karya lubang jarum herdis

Karya Lubang Jarum

Saat pertama kali saya celupkan ke cairan development, gambar nya tidak muncul alias “terbakar”. Adanya cahaya yang masuk selain dari lubang jarum. Dua kali pengambilan gambar berturut-turut, hasilnya terbakar terus. “Gagal maning gagal maning..:D”. Setelah diperhatikan secara seksama pada KLJ, ternyata bagian atas alumunium tidak rapat tertutup doubletape. Saya pun menutup rapat celah tersebut dan hunting lagi. Saya celupkan lagi, senang rasanya ketika gambar nya muncul. Inilah proses yang harus saya nikmati untuk mencapai sebuah hasil.

Waktu menujukan pukul 11 dan acara workshop pun segera berakhir. Sebenarnya saya masih ingin hunting lagi, belum puas dengan hasil pemotretanku. Berharap di lain kesempatan bisa mengikutinya kembali.

Salam Lima Jari..!

Bagi yang ingin lebih mengenal Kamera Lubang Jarum bisa menghubungi Ari Haryana (Official Komunitas Lubang Jarum Indonesia) .

9 thoughts on “Workshop Kamera Lubang Jarum : Menikmati Setiap Proses

    • hmmm, itunganna murah juga ya? Kalau bisa dipandu Kang bahan2 kimia apa yg mesti dibeli dan gimana ngolahnya di kamar gelap. Dulu saya pernah ikut workshop teknik cetak cross processing. Tapi begitu tahu harga bahan2 kimianya mencapai jutaan rupiah saya jadi minder masuk kamar gelap.

      • Daftar Bahan:
        DEVELOPER(super broom) Rp 15.000/box
        STOPBATH(larutan ini bisa diracik sendiri dengan bahan dasar “cuka dapur”) Rp 2500/botol
        FIXER (Acifix) Rp 17.500/box

        Cara Pengolahan Bahan:
        cairkan super broom (1 box) dalam 1 liler air
        campurkan 1-3 tetes cuka ke dalam 1 liter air
        cairkan Acifix (1 box) dalam 1 liter air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s