Mudahnya Membuat NPWP


Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Pancoran

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Pancoran

Berawal dari pembicaraan dengan @emak2blogger di facebook mengenai pengambilan hadiah akhirnya mengharuskan saya membuat Nomor Pokok Wajib Pajak. Sebagai salah satu pemenang lomba di acara ACER Srikandi Blogger 2013 yang telah diselengarakan Komunitas Emak-emak Blogger, saya dan pemenang blogger lain akan menghadiri undangan untuk pengambilan hadiah. Persyaratan yang harus dibawa antara lain fotocopy KTP dan NPWP. Saya pun merasa khawatir karena belum belum memiliki NPWP…(Hari gini belum punya NPWP?Hellooo..:D). Sedangkan waktu pengambilan hadiah tinggal beberapa hari lagi. Takutnya hadiah tidak bisa diambil. Salah satu panitia memberi tahu bahwa NPWP bisa dibuat dalam satu hari.

Saya segera googling mengenai pembuatan NPWP. Saya mencoba membuka http://ereg.pajak.go.id salah satu fasilitas yang disediakan instansi pajak untuk warga yang akan membuat NPWP online. Beragam data penunjang harus diisi. Saya juga tidak lupa membaca berbagai referensi panduan pengisian. Selesai registrasi, saya print form registrasi yang telah diisi untuk dibawa ke kantor pajak. Sistem juga telah memberitahu saya mengenai kantor cabang pajak yang harus saya datangi.

Saya juga bertanya kepada teman yang telah mengurusi pembuatan NPWP secara pribadi. Menurutnya pembuatan NPWP tidak kurang dari 1 jam dan jangan lupa membawa fotocopy KTP.

Kamis pagi 23 Mei 2013 saya berangkat menuju Kantor Cabang Pajak Pancoran yang beralamat di Jalan T.B. Simatupang Kav.5 Kebagusan Jakarta Selatan. Pastinya dengan membawa hasil print form registrasi tanpa membawa fotocopy KTP. Kalau pun nanti harus dilengkapi dengan fotocopy KTP, saya tinggal mencari jasa fotocopy sekitar kantor. Sampai di tujuan, saya ke bagian loket untuk memberitahukan bahwa saya akan membuat NPWP. Saya pun langsung menyerahkan berkasnya. Petugas pun menanyakan fotocopy KTP. Dengan polos saya bilang tidak membawa. Menurut petugas jika ada fotocopy KTP bisa lebih cepat dalam prosesnya. Saya langsung duduk di sekiran loket sambil check in di media sosial..:D Tidak beberapa lama menunggu petugas memangil namaku. Saya menerima NPWP dan menandatangani penerimaan.Akhirnya bisa punya NPWP juga..:D. Sebelumnya tidak terpikirkan untuk membuatnya.

NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak

Leave a Reply

