Malam Anugerah Jurnalistik AQUA 2012


Logo Anugerah Jurnalistik Aqua 2012Kamis, 18 April 2013 saya mewakili Blogfam menghadiri undangan Anugerah Jurnalistik AQUA 2012. Acara ini berlangsung di Museum Satria Mandala. Tempatnya tidak jauh dari kantor tempat ku berkerja, Menara Jamsostek. Saya dan temanku datang lebih awal.  Sejak sore tadi hujan tidak henti-hentinya mengguyur ibukota. Setelah beberapa jam menunggu, saya segera registrasi peserta dan langsung memilih tempat duduk. Rekan lain dari @Blogfam yang hadir yaitu @ArifChasan dan @MeityIskandar. Peserta yang hadir antara lain blogger dan media/pers. Sebelum acara dimulai, panitia telah mempersiapkan hidangan untuk para undangan. Dengan senang hati kami pun menikmatinya.:)

Tampak panitia sedang membersihkan genangan air sekitar panggung. Beberapa properti lain pun dipasangnya juga sehingga mendukung dalam tampilan panggung. Lampion-lampion yang disimpan di atas genangan air depan stage membuat suasana romantis.

Penampilan Band Katakita dengan menyanyikan lagu Diamond menjadi pembuka acara #AJA12. Bukan hanya itu saja, Divas Percusion pun turut membuka acara. Perpaduan tabuhan drum mengiringi para penari.

AQUA sebagai pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia didirikan tahun 1973. Saat ini  telah berusia 40 tahun. Perjalanan panjang yang telah dilaluinya menjadikan pengalaman  berharga untuk bisa menjadi lebih baik. Pada usia tersebut AQUA mengalami perubahan logo.

Logo AQUA

Anugerah Jurnalistik AQUA merupakan salah satu apresiasi dari AQUA untuk blogger dan media. Program ini menjadi ajang tahunan bagi media dan blogger agar terus melahirkan karya-karya dan menjadi inspirasi untuk menjaga lingkungan. AJA dimulai sejak 2010. Di AJA12 mengalami peningkatan jumlah karya yang luar biasa. Temanya yaitu Air dan Kehidupan.

Acara ini dihadiri oleh ibu Parmaningsih Hadinegoro, Pimpinan AQUA Group dan Prof DR Balthasar Kambuaya, Menteri Lingkungan Hidup RI.

Berikut  para pemenang Anugerah Jurnalistik AQUA 2012 dari masing-masing kategori.

Karya Tulis (Cetak dan Online)

  1. Muhammad Hafil -> Sungai Pesanggrahan Dulu dan Kini, Kualitas Sungai Pesanggrahan Lebih Baik Dibandingkan Sungai Lainnya di Jakarta, Harian Republika
  2. Purnama Catur Naommy Jaya Laksana ->Indonesai Kaya Air Bersih, Kok!, Majalah Femina
  3. Riski Maruto-> Sumber Air Minumku Tercemar Merkuri?, LKBN Antar Biro Sulawesi Tengah

Karya Foto

  1. Asep Fathulrahman->Krisis Air Bersih
  2. Desmunyoto P. Gunadi-> Pengharapan di Tengah Banjir
  3. Yudhi Sukma Wijaya->Membeli Air mineral

Liputan Televisi

  1. Sufiani Tanjung dan Djunaedi Setiawan (SCTV)->Sumur Bagi Warga Sumba
  2. Harfin Naqsyabandy (Kompas TV)->Mimpi Buruk Jakarta
  3. Adni Muhyidin & Dwinanto (Beritasatu TV)->Citarum:Limbah Mengalir Sampai Jauh

Karya Blogger

  1. Dahli Ahmad (Bekasi) -> Kampung Jernih Sentuhan Tangan-tangan Kecil, untuk Mengubah Dunia
  2. Bryan Kridha Laksana (Purwokerto) -> Masa Depan Air Dunia Masa Depan Kehidupan  Kita
  3. Windi Widiatuty (Medan) -> Save The Water, Sebuah Pesan Dari Alam Rahim

Penghargaan Khusus

  1. Erwan Sani -> Bias Rezeki dari Bukit Sikumbang, Pengelana Air, Pendekar Rimba
  2. Aulia Nugraha Siagian -> Kaum Muda, Air dan Kehidupan

Selamat kepada para pemenang.

Menjelang akhir acara, Band Efek Rumah Kaca dan Rommy Rafael ikut memeriahkan AJA12. Senang rasanya bisa bermain langsung dengan salah satu hiponis terkenal di Indonesia. Pengundian berhadiah handphone dari pengambilan acak kartu nama pastinya akan menjadi keberuntungan bagi undangan. Selain itu juga, ada pemberian hadiah kepada pemenang  live tweet  hastag #AJA12. Crash The Bootle menjadi acara penutup dalam rangkaian malam Anugerah Jurnalistik AQUA 2012. Buka label dan remas botolnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s