Pelantikan Bantara Ambalan Adipati Singacala – Citraresmi


Pelantikan_Bantara_Adipati Singacala_CitraresmiSabtu pagi (30/03) halaman SMA N 1 Kawali tampak ramai dengan rombongan siswa berseragam pramuka. Mereka mempersiapkan pemberangkatan untuk pelantikan bantara. Kordinator pemberangkatan mengkordinir rekan-rekannya dalam pembagian kelompok pemberangkatan. Kegiatan pelantikan akan berlangsung Sabtu-Minggu, 30-31 Maret 2013 bertempat di Pangandaran. Pada tahun ini calon bantara berjumlah 25 orang yang terdiri dari 15 putri dan 8 putra.

Bukan hanya Pembina, Dewan Kehormatan/DK (bantara kelas XII) dan Dewan Ambalan/DA (Bantara kelas XI) saja yang berpartisipasi melainkan juga Purna. Tentunya menjadi kehormatan bagi kami Purna untuk bisa berpartisipasi. Purna terbagi menjadi 2 rombongan yaitu rombongan mobil dan rombongan motor. Saya di rombongan mobil.:D

Sekitar jam 8 an, rombongan mobil berangkat. Sedangkan rombongan motor masih menunggu purna lain yang akan berangkat bersama dari sekolah. 3 jam perjalanan tidak terasa dengan diiringi canda tawa.

Terakhir mengikuti kegiatan pelantikan bantara ketika menjadi Dewan Kehormatan tepatnya 5 tahun silam. Masih sama di Pangandaran namun beda lokasinya.

Tiba di lokasi, panitia segera mempersiapkan tempat untuk beristirahat. Rekan lainya mengamankan tas masing-masing ke tempat yang sudah disediakan. Nikmat rasanya istirahat di tempat teduh sambil berkumpul setelah melewati perjalanan panjang. Ditambah lagi hembusan angin pantai semakin menambah selera makan.

Setelah istirahat dilanjutkan dengan pendirian tenda khususnya bagi calon bantara. Panitia mempersiapkan untuk pelaksanaan upacara pembukaan.

Meskipun malam itu hujan sempat mengguyur lokasi perkemahan, akan tetapi acara unggun api tetap dilaksanakan. Kreasi seni dari calon bantara dan DA merupakan rangkaian acara terakhir dalam unggun api.

Tengah malam calon bantara mengikuti perjalanan spiritual. Rute perjalanan tidak jauh dari lokasi perkemahan. Mereka akan melewati beberapa pos pemberhentian. Pantai merupakan tujuan akhir perjalanan. Di sana mereka akan merasakan nikmatnya angin malam. Setelah semua calon bantara kumpul di pantai dilanjutkan dengan upacara pelantikan.

Sekarang keluarga ambalan adipati singacala citraresmi bertambah. Selamat datang di keluarga singacitra.

Selamat dan sukses telah terselenggaranya pelantikan bantara.

Setelah beres-beres dilanjutkan ke Pananjung. Di sana kami naik perahu untuk menikmati indahnya pasir putih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s