Raimuna Daerah XII Jabar 2012


logo_raidaSabtu, 22 Desember 2012 saya dan temanku berencana berkunjung ke tenda ambalan Adipati Singacala(Asc) SMA N 1 Kawali yang merupakan salah satu umpi kontingen Ciamis di Raimuna Daerah (Raida) XII Jawa Barat. Ajang pramuka 5 tahunan ini dilaksanakan 17 – 23 Desember 2012 di bumi perkemahan (buper) Kiara Payung Jatinangor. Kami berangkat dari Jakarta dan bertemu di Cileunyi. Dari Cileunyi menuju Jatinangor Town Square (Jatos). Beberapa persediaan makanan dan oleh-oleh kami beli di sana.

Jarak dari Jatos ke buper masih jauh. Tidak ada kendaraan umum yang langsung menuju ke sana. Akhirnya kami menghubungi rekan-rekan yang ada di buper untuk menjemput ke UNPAD. Semakin sore cuaca semakin mendung. Tidak beberapa lama rintikan demi rintikan hujan pun turun. Kami mencari tempat berteduh sambil menunggu jemputan.

Rekan yang ditunggu datang juga. Ketika hujan sudah tidak terlalu terasa kami segera berangkat. Luapan air dari pinggiran jalan menggangu perjalanan sehingga kami pun berbalik arah untuk mencari jalan alternatif. Terasa ada yang kurang nyaman dengan motor yang kami tumpangi. Terpaksa kami turun dan mengecek ban. Ternyata bannya bocor. Tidak jauh dari sana ada pos security sehingga bisa berteduh sambil menunggu yang sedang memperbaiki ban motor sekalian menunggu hujan reda.

Kabut menyelimuti puluhan tenda yang berdiri di lokasi perkemahan. Guyuran air hujan membuat jalanan becek dan licin. Sebagian gapura miring karena hembusan angin.

Sampainya di tenda segera menyimpan tas yang kugendong seharian. Pakaian tidak terlalu basah karena memakai jas hujan akan tetapi celana lumayan basah dan kotor.

Malam ini rencananya akan ada acara api unggun. Berhubung cuaca tidak mendukung acara tersebut pun dibatalkan. Akhirnya malam ini saya berkumpul dengan anak-anak Asc sambil menikmati makanan dan diskusi santai. Semakin malam cuaca semakin dingin. Baru kali ini lagi saya bisa tiduran di tenda.

onom_galuh

Onom Galuh merupakan nama khusus peserta Raida dari kontingen Ciamis. Orange menjadi warna identik untuk  kaosnya. Raida tahun ini kontingen Ciamis mengirimkan kurang lebih 800 peserta dan menjadikan Ciamis sebagai kontingen kedua terbanyak yang mengirimkan peserta.

Datangnya ke bupper, secara tidak langsung mengingatkan ku beberapa tahun silam.

1.      Peserta Raida XI Jabar (2007)

2.      Peserta Pertinas Saka Bakti Husada (2006)

Suasana perkemahan waktu itu masih terasa sampai sekarang. Saya juga sempat bertemu dengan beberapa alumni peserta Raida XI.

Keesokan pagi nya di sela-sela penurunan tenda, kami menyempatkan untuk berfoto-foto.

singacitra_raida

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s