Jadi Aktor di Acara Belajar Ilmu dan Berbagi Sharing Film Pendek


Sabtu pagi (5/5) sudah bersiap-siap untuk pergi ke acara “Belajar Ilmu dan Berbagi Sharing Film Pendek” di Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun. Beruntung sekali saya tidak harus menunggu mobil dengan lama. Sampainya di kawasan UNJ, mataku langsung mencari tulisan #Belimbing01, nama pendek dari acara ini. Tampak spanduk besar dipasang di depan gedung. Saya pun bergegas menuju Gedung A Lantai 9  tempat berlangsungnya acara. Ketika sampai di tempat tujuan, saya langsung mengisi daftar hadir. Panitia mempersilahkanku untuk sarapan terlebih dahulu. Alhamdulilah kebetulan saya belum sarapan.

Berhubung acara #Belimbing akan segera dimulai, satu per satu para peserta meninggalkan ruangan sarapan dan menuju sebuah ruangan sebelah. Peserta yang hadir diantaranya dari DeBlogger, Blogfam, Blogger Bekasi, idBlognetwork, detikcom dan mahasiswa UNJ. Rangkaian acara pertama yaitu sambutan ketua DeBlogger sebagai penyelenggara kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Id Mozila, salah satu pendukung acara ini.

Panitia membagi peserta menjadi 6 kelompok. Saya termasuk kelompok 2 bersama dengan @nurulhoeda @nhie22 @rara79 @syeifasafitri @dinasuitsing @renyreno. masing-masing kelompok nantinya harus membuat film pendek.

Acara dilanjutkan dengan sharing tentang Skenario yang disampaikan oleh Luvie Melati. Ada 3 tema untuk pembatan film pendek diantaranya Kota Kita, Sampaikan Pesanmu, dan Jleb of The Day. Setiap kelompok memilih salah satu tema. Kelompok 2 memilih tema ‘Sampaikan Pesanmu’. Sebelum membuat film pendek, Mba Luvie memberi tugas kepada setiap kelompok untuk membuat story board dan skenario sesuai dengan tema yang dipilih. Berhubung menjelang waktu Dzuhur, acara di break terlebih dahulu dan dilanjutkan denga isoma.

Setelah waktu isoma selesai, peserta kembali ke ruangan dan sudah siap untuk menyampaikan story board dan skenarionya. Acara selanjutnya yaitu sambutan dari idblogNetwork oleh mas Kukuh(CEO). IdblogNetwork merupakan sponsor acara #Belimbing01. Kemudian dilanjutkan dengan ‘Penyutradaraan’ oleh Sammaria Simanjuntak, sutradara film Cin(t)a. Beberapa filmnya pun sempat ditontonkan. Setelah sharing tentang penyutradaraan, panitia mempersilahkan kepada semua kelompok untuk melakukan penyuntingan sesuai dengan story board dan skenario yang sudah dibuat.

Pada kesempatan ini kelompok kami akan membuat film pendek tentang seorang kurir yang harus menyampaikan bingkisan dalam waktu yang terbatas dengan mengalami berbagai kendala diperjalanan. Aktor yang saya perankan yaitu sebagai kurir. Ceritanya saya harus mengantarkan bingkisan dan dalam jangka waktu  sekitar 6 jam sudah samapai di tempat tujuan, jika tidak maka saya akan kena sanksi. Di tengah perjalanan, sepeda motor yang ditumpanginya bannya kempes. Kurir beriniisatif untuk menjadi joki 3 in 1. Kurir mendapatkan tumpangan dari salah seorang pengendara mobil. Di tengah perjalanan, mobil yang ditumpanginya mogok dan  kurir pun harus membantu mendorong mobil tersebut. Setelah mobilnya bisa jalan kembali, kurir ditinggal pergi oleh pengendara mobil. Kurir mencari tukang ojek. Akhirnya kurang dari 6 jam bingkisan sudah sampai di tempat tujuan.

Lumayan cape juga jadi aktor. Apalagi dalam beberapa scenes terdapat kesalahan-kesalahan. Setelah selesai penyuntingan dilanjutkan dengan editing. Rekaman dari penyunttngan tadi diedit untuk menjadi film pendek yang bagus. Kelompok yang sudah melakukan editing harus mempertontonkan hasil editingnya kepada kelompok lain. Film pendek kelompok 3 menjadi film pendek terbaik. Acara demi acara selesai juga dan dilanjutkan dengan foto bersama. Alhamdulillah dapat goodie bag lagi.

6 thoughts on “Jadi Aktor di Acara Belajar Ilmu dan Berbagi Sharing Film Pendek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s