Konservasi Sumber Daya Air di Mata Blogger


Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau sumber daya alam yang digunakan berulang-ulang. Manusia mengunakan air untuk minum, mandi dsb. Tumbuhan membutuhkan air untuk proses pertumbuhannya. Hewan memanfaatkan air untuk minum juga. Makhluk hidup membutuhkan air untuk memenuhi hidupnya. Betapa pentingnya air dalam memenuhi kehidupan sehari-hari.

Sebagian besar (71%) dari permukaan bumi tertutup oleh air. Sekalipun air jumlahnya relatif konstan, tetapi air tidak diam, melainkan bersikulasi akibat pengaruh cuaca, sehingga terjadi suatu siklus yang disebut siklus hidrologis. Dari siklus hidrologis ini dapat dilihat adanya berbagai sumber air tawar yang dapat pula diperkirakan kualitas dan kuantitasnya secara sepintas. Sumber-sumber air tersebut adalah (i) air permukaan yang merupakan air sungai dan danau. (ii) air tanah yang tergantung kedalamannya bisa disebut air tanah dangkal atau air tanah dalam. (iii) air angkasa, yaitu air yang berasal dari atmosfir, seperti hujan dan salju.

Seiring berjalannya waktu sumber daya air semakin memburuk. Hal ini disebabkan oleh tidak terjaganya sumber penghasil air. Tidak sedikit pabrik  yang membuang air limbah secara sembarangan. Tidak sedikit pula  orang yang membuang sampah sembarang. Sumber air yang tercemari  berdampak kepada kualitas air. Air yang awalnya bersih dan jernih kini kotor dan keruh. Sudah saatnya lah kita mempertahankan kualitas air bersih.

Konservasi merupakan upaya manusia untuk melestarikan atau melindungi alam. Menurut ilmu lingkungan, Konservasi adalah:

  • Upaya efisiensi dari penggunaan energi, produksi, transmisi, atau distribusi yang berakibat pada pengurangan konsumsi energi di lain pihak menyediakan jasa yang sama tingkatannya.
  • Upaya perlindungan dan pengelolaan yang hati-hati terhadap lingkungan dan sumber daya alam
  • (fisik) Pengelolaan terhadap kuantitas tertentu yang stabil sepanjang reaksi kiamia atau transformasi fisik.
  • Upaya suaka dan perlindungan jangka panjang terhadap lingkungan
  • Suatu keyakinan bahwa habitat alami dari suatu wilayah dapat dikelola, sementara keaneka-ragaman genetik dari spesies dapat berlangsung dengan mempertahankan lingkungan alaminya.

Beberapa upaya yang bisa dilakukan diantaranya:

– menggunakan air sehemat mungkin

– membuang sampah pada tempatnya

– mengadakan reboisasi

– mengadakan sosialisasi langsung dengan warga masyarakat tentang konservasi sumber daya air tentunya bisa menyadarkan atau mengingatkan kembali betapa pentingnya air dalam menunjang kehidupan. Sosialisasi juga bisa dilakukan secara tidak langsung yaitu melalui internet. Menulis artikel tentang Konservasi Sumber Daya Air dan dipublish di blog maupun jejaring sosial. Dengan hal tersebut diharapkan bisa langsung bergerak dan berpartisipasi aktif. Hilangkan NATO(No Action Talk Only).

Mengingat pentingnya peranan air dalam kehidupan sehari-hari maka diperlukan kerjasama antar semua pihak untuk memelihara dan menjaga sumber daya air yang ada di bumi ini. Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal kecil, Mulai dari sekarang. “Marilah Kita Wariskan Mata Air Bukan Air Mata”

5 thoughts on “Konservasi Sumber Daya Air di Mata Blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s