ID Card Pengunjung


Memasuki beberapa gedung perkantoran tentunya ada beberapa peraturan. Petugas security senantiasa berdiri di pintu gerbang masuk gedung. Beberapa pengunjung yang membawa barang bawaan terutama tas  akan diperiksanya terlebih dahulu. Petugas yang lain pun akan menanyakan tujuan pengunjung. Sebelum masuk dan menuju ruangan yang akan kita tuju terlebih dahulu meregistrasikan data pribadi. Cara registrasi pun ada beberapa macam diantaranya manual dan komputerisasi.

Cara manual biasanya pengunjung mengisi data dengan menulis nama pengunjung, perusahaan, merk laptop, serial number, tujuan, jam datang dan tanda tangan. Setelah mengisi data tersebut kemudian petugas akan memberikan ID Card pengunjung dengan menukarkan tanda pengenal yang dimiliki misalnya KTP, id card karyawan, SIM ataupun tanda pengenal lainnya. Sedangkan cara komputerisasi sama halnya dengan cara manual namun perbedaannya data-data pengunjung dituliskan langsung oleh petugas melalui komputer dan disertai dengan pengambilan potret wajah pengunjung melalui kamera kecil.

Setelah melalui proses tersebut barulah bisa masuk ke ruangan. Pastikan ID Card pengunjung dipakai di bagian yang terlihat jelas dan jangan sampai rusak bahkan hilang. Bagi pengunjung yang ID Cardnya hilang biasanya dikenakan sanksi. Ada juga ID Card pengunjung yang mempunyai sensor untuk membuka pintu.

Dibawah ini beberapa ID Card yang pernah saya pakai.

2 thoughts on “ID Card Pengunjung

  1. Saya punya pengalaman tentang sikap dari petugas security yang rada susah ngasih izin bertamu ke sebuah perusahaan. Gayanya superior banget. Saya pun sempat tertahan di pos security lantaran gak percaya kalau saya sudah ditunggu oleh pejabat kantor setempat yang kebetulan teman saya. Lantas aya menelpon teman saya tersebut dan mengatakan kalau saya tertahan di pos security, Tak lama menunggu, teman saya tersebut datang dan seluruh petugas security yang ada langsung berdiri dan memberi salam. Teman saya langsung berujar;” Bapak ini (saya maksudnya) adalah tamu saya dan dia ada kerja sama dengan kita. Tolong diingat kalo beliau dateng kesini tolong dilayani dengan baik yaa.” Kontan petugas yang ada minta maaf dan bersungut-sungut mempersilakan saya. hehehehe… Kalo ingat ini saya jadi ketawa sendiri :)))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s