Mendoan, akhirnya kumenemukan mu


Sore itu saya mendadak ingin merasakan nikmatnya mendoan. Akan tetapi  tidak tahu dimana tempat tukang mendoan. Tempat yang saya tahu yaitu di dekat kantor, itupun buka kalau hari-hari kerja. Akhirnya saya bertanya pada temanku mengenai rute dan tempat tukang mendoan berada. Dengan info belok kanan, belok kiri dan lurus saya harus bisa menemukan tempat tersebut. Dari rute yang dikasih, saya pernah melewati sebagian rutenya. Meskipun tempatnya masih di daerah Pancoran tetapi  belum semua daerahnya saya jangkau.

Dengan tekad dan niat, saya mencoba menelusuri rute dari temanku. Itung-itung olahraga saya berjalan kaki untuk bisa sampai tujuan. Ratusan meter jarak yang saya tempuh. Perjalananku terhenti ketika saya melihat sebuah gerobak bertuliskan tempe mendoan di kacanya. Alhamdulillah kutemukan juga. Tanpa pikir panjang saya langsung menghampiri gerobak tersebut dan memesan mendoan. “Mendoan, akhirnya kumenemukan mu” itulah kata yang pantas saya ucapkan. Sambil menunggu mendoan masak, saya duduk di kursi yang disediakan lumayan istirahat sejenak.

Pertama saya kenal mendoan, ketika bekerja di Jakarta. Mendoan merupakan sejenis masakan tempe yang terbuat dari tempe yang tipis dan digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurih dan renyah.

Kata mendoan dianggap berasal dari bahasa Banyumasan, mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. (id.wikipedia.org/wiki/Mendoan)

Sore yang mendung menemani langkahku menuju kosan. Tidak lama kemudian gerimis pun ikut menemani perjalananku. Takut keburu hujan, saya pun berlari sambil menjingjing kantong plastik berisikan mendoan.

5 thoughts on “Mendoan, akhirnya kumenemukan mu

Leave a Reply

