Larutan Elektrolit Terindah


LAGU KENANGAN TERINDAH (SAMSON), UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI LARUTAN

Begitulah kira-kiranya sebuah karya tulis yang dibuat oleh Ibu Hj. Uum Nurhayati, S.Pd. Beliau merupakan salah seorang guru Kimia di SMA Negeri 1 Kawali. Dalam karya tulisnya dijelaskan bahwa relaxed dan fun merupakan hal mendasar dalam pembelajaran khususnya Kimia. Rendahnya aktivitas, minat, dan hasil belajar kimia siswa dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: (1) Penyampaian materi kimia oleh guru dengan metode demonstrasi yang hanya sekali-kali dan diskusi cenderung membuat siswa jenuh, siswa hanya dijejali informasi yang kurang konkrit dan diskusi yang kurang menarik karena bersifat teoritis; (2) Siswa tidak pernah diberi pengalaman langsung dalam mengamati suatu reaksi kimia, sehingga siswa menganggap materi pelajaran kimia adalah abstrak dan sulit difahami; (3) Metode mengajar yang digunakan guru kurang bervariasi dan tidak inovatif, sehingga membosankan dan tidak menarik minat siswa. Hal ini menunjukkan kompetensi guru kimia yang masih perlu ditingkatkan.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut diperlukan suatu usaha untuk mengoptimalkan pembelajaran kimia di kelas dengan menerapkan pendekatan dan metode yang tepat yaitu sebuah strategi, kreativitas, dan inovasi dari pendidik agar pesan yang hendak disampaikan dapat dipahami oleh peserta didik dengan lebih mudah. Inovasi pembelajaran kimia merupakan startegi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Inovasi pembelajaran yang dilakukan penulis pada materi stoikiometri larutan adalah dengan cara membuatkan isi dari materi pembelajaran dalam bentuk syair-syair yang dilagukan. Prinsip pembelajaran ini dilakukan disesuaikan dengan perkembangan karakter peserta didik. Pada umumnya anak-anak usia remaja senang terhadap lagu-lagu pop atau band-band yang menjadi panutan bagi anak remaja. Anak-anak usia remaja banyak menghafal syair-syair lagu milik band-band yang sedang naik daun, namun mereka mengalami kesulitan jika menghafal materi-materi pelajaran kimia. Oleh karena itu, dengan mengambil salah satu judul lagu dari band Samson (Kenangan Terindah) dan kemudian dirubah syairnya dengan materi pembelajaran stoikiometri larutan, sehingga berjudul Larutan Elektrolit Terindah.

Selengkapnya lagu band Samson yang dirubah syairnya tersebut adalah sebagai berikut:

Langkah langkah perhitungan stoikiometri larutan..

mulai persamaan reaksi lalu disetarakan..

jumlah mol dicarikan, dari masa volume molar..

lalu cari perbandingannya, mol dan koefiennya..

lalu…cari apa yang ditanya, dengan mengubah satuannya….

oh…..

reff:

bila asam dicampur basa, hasilnya garam tambah air..

logam ditambahkan asam, gas hidrogen yang dihasilkan..

namun bila garam karbonat ditambahkan larutan asam,maka hasil reaksinya adalah gas karbon dioksida……”

Melalui strategi pembelajaran dengan merubah syair lagu dengan syair materi pembelajaran kimia yang diterapkan di Kelas XI IPA SMA N 1 Kawali dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan memilih metode yang tepat untuk setiap bahan pelajaran, pemilihan berbagai variasi metode mengajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, akan sangat membantu dalam rangka meningkatkan hasil belajar yang optimal. Di samping itu tujuan yang ingin dicapai yaitu ketuntasan belajar siswa akan terpenuhi.

5 thoughts on “Larutan Elektrolit Terindah

  1. kenangan terindah….sesuai dengan lagunya….kenangan yg indah sewaktu SMA….. kalo saya boleh saran gimana klo lagu alamat palsu..mungkin lebih mudah di ingat.soalnya sekarang lagu tersebut lagi buming….thq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s