Emoticon merebak di kalangan netter dan pengguna SMS


Di zaman era globalisasi dengan didukung berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai alat komunikasi semakin canggih. Apalagi dengan adanya internet. Komunikasi merupakan hal yang biasa dilakukan antar sesama teman untuk saling berinteraksi.Salah satunya dengan memanfaatkan internet atau pun handphone.
Dengan hal tersebut orang bisa berinteraksi sesama temannya dimana pun dan kapanpun ia berada. Saling berbagi informasi atau berita biasa disisipkan ekspresi wajah. Orang yang diajak berinteraksi pun bisa mengetahui keadannya. Ada beberapa emoticon yang sudah merebak penggunaanya di kalangan netter dan pengguna SMS. Berbagai ekspresi wajah telah dipergunakannya.Akan tetapi kita tidak sadar dari manakah asal mula emoticon-emoticon tersebut.
Emoticon yang biasa kita gunakan ada 2 jenis:
1.emoticon kao moji
2.emoticon face mark

Kaomoji berasal dari Jepang.Secara harafiah, kao berarti wajah, dan moji berarti huruf. Jadi, bisa diartikan bahwa kaomoji adalah huruf-huruf yang dapat mencerminkan ekspresi wajah.
contoh:
Tersenyum
(^_^)

Tersenyum
(^-^)

Tertawa lebar
(^O^)

Senyum simpul
(^. ^)

Bersorak riang
\(^O^)/

Berseru
(^ 3 ^)

Senyum malu, tersipu
(*^-^*)

Senyum merona
(o^-^o)

Face mark berasal dari Amerika
contoh:
😀 tersenyum
😛 menjulurkan lidah
🙂 tersenyum
😦 cemberut

Tampilan kaomoji lebih ekspresif, dibandingkan  Face mark.Memahaminya pun tidak perlu memiring-miringkan kepala Anda. Cukup sedikit berimajinasi dengan menatapnya secara tegak lurus, seperti kita membaca biasa. Unsur-unsur karakter khusus yang membentuknya biasanya terdiri dari tanda kurung tutup sebagai wajah, tanda kutip sebagai mata, dan garis bawah sebagai mulut. Kadang kita pun dapat menambahkan gerakan tangan dengan menyisipkan karakter tertentu. Sekilas mirip dengan tokoh-tokoh kartun gaya Jepang. Mukanya bulat, dengan ekspresi mata khas kartun anime. Elemen utamanya adalah karakter tanda kurung yang membentuk pipi dan dan garis bawah yang membentuk mulut.
Silahkan mencoba kawan-kawan.Semoga bermanfaat … !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s