Komunikasi Lengkap Seharian


Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pertanyaannya apa itu komunikasi lengkap seharian?Menurut saya komunikasi lengkap seharian adalah kita bisa saling berbagi atau bertukar informasi dengan kerabat, sahabat atau pun orang-orang terdekat kapan pun dan dimana pun baik secara langsung (face to face) maupun tidak langsung (media perantara). Sangatlah tidak mungkin jika seseorang dalam keseharian terlepas dari sebuah komunikasi karena komunikasi penting dalam interaksi kehidupan kita sehari-hari. Dengan komunikasi kita bisa memberi atau pun menerima informasi.
Orang-orang yang kita kenal tidak hanya tinggal di sekitar kita bahkan ada juga yang berbeda daerah. Dalam hal ini jaraklah yang menjadi pemisah diantara kita. Dengan kondisi tersebut, bukan berarti kita tidak bisa berkomunikasi. Di zaman sekarang ini, jarak sudah bukan menjadi penghambat dalam sebuah komunikasi. Handphone merupakan salah satu media yang menjadi jembatan dalam terjalinnya sebuah komunikasi. Bagaimana tidak dengan media tersebut kita bisa memanfaatkan fitur Short Message Service (SMS) untuk berbagi informasi lewat tulisan dan fitur telpon untuk berbagi informasi lewat suara/audio. Apalagi seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin modern, kini handphone sudah bisa terkoneksi langsung ke internet sehingga semakin banyak kesempatan lagi untuk berkomunikasi.

Hal apa yang akan saya lakukan jika sudah terhubung dengan internet? Sebenarnya banyak hal yang bisa saya lakukan diantaranya ngeblog, blogwalking, kirim/balas email, googling dan lain-lain. Selain itu juga, berhubung saya punya akun di jaringan social (Social Networking) seperti Facebook dan Twitter, saya gunakan untuk update status dan ngetwit. Beberapa aplikasi lain pun seperti Yahoo Messenger (YM) dan Skype tidak terlewatkan untuk dimanfaatkan. Selain digunakan untuk chatting, kita bisa memanfaatkan media audio visual dengan webcam dan telpon sehingga bisa melihat dan mendengarkan suara yang diajak komunikasi.
Pepatah mengatakan, “Banyak jalan menuju Roma”. Begitu pun dengan berkomunikasi. Banyak cara yang bisa kita manfaatkan dalam menunjang terjalinnya sebuah komunikasi seperti halnya yang telah saya sebutkan tadi di atas. Maka dari itu lengkapilah dan manfaatkanlah komunikasi dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya.

About these ads

6 thoughts on “Komunikasi Lengkap Seharian

  1. bro, ada baiknya jika penulisan kutipan atau istilah atau pengertian disebutkan sumbernya, seperti pada bagian awal postingan ini mengenai pengertian komunikasi, itu berdasarkan apa? apakah menurut WIkipedia atau KBBI atau apa? itu mohon disebutkan, pokoknya segala sesuatu yang tidak mewakili pendapat pribadi disebutkan sumbernya..

    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s